Sumpah Pemuda & Santri

SUMPAH PEMUDA & SANTRI

 

20161027_083040

Santri Nusantara SMP AN NUR Bululawang Malang
(Kanan : Dhimas : Ceribon Jabar, Bhismi : Jakarta Selatan, Ghozali : Pangkal Bun Kalimantan Tengah, Alief : Panegoro Sulawesi Tengah)

 

Sumpah pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Tiga ikrar tersebut (bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu) merupakan pemersatu bangsa Indonesia, dengan keanekaragaman budaya dan sosial yang diharapkan menjadi asas bagi setiap warga negara Indonesia. Diantaranya santriwan/santriwati.

Sumpah Pemuda juga mengguyurkan semangat di kalangan pondok pesantren hal ini terlihat pada acara hari-hari besar nasional yang selalu diselenggarakan sebagai bentuk wujud cinta tanah air. Bentuk lain dikalangan santriwan dan santriwati mereka selalu belajar antara ilmu umum dan agama yang terarah dan mempunyai tujuan untuk menggapai ridho Allah swt.

Diharapkan dengan pemahaman ilmu yang dipelajari di pondok pesantren ini dapat diterapkan dalam kehidupan baik untuk dirinya dan kalangan masyarakat. Sehingga dapat menyatukan bangsa Indonesia dengan asas yang baik dan benar (amal ma’ruf nahimungkar).

Penerapan amal m’ruf nahi mugkar dapat dilihat di kalangan santriwan dan santriwati di pondok pesantern yang diajarkan akan toleransi, tenggang rasa dan saling tolong menolong hal ini sangat penting karena mereka hidup dengan berbagai kalangan dengan budaya daerah yang berbeda.

Semoga kita dapat menerapkan isi dari pada sumpah pemuda dalam berbangsa dan bernegara, tidak hanya ucapan dan ceremonial belaka.

SUMPAH PEMUDA

Kami putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

Kami putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

#Dari santri Untuk Negeri

 

Facebook Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *