OSIS SMP AN NUR Berwirausaha Melalui Program Business Day

Cakrawala SMP AN NUR – Business day ! Momen yang satu ini ditunggu-tunggu seluruh warga SMP AN NUR Bululawang Malang. OSIS bidang Ekonomi Bisnis yang berperan sebagai penjual.
Atika salah satu penjual itu tak segan menawarkan kue basah dan kering kepada siswa, guru dan karyawan.”Beragam kue yang dijajakan bukan murni dagangannya, Melainkan dari pedagang kue yang dijual kembali sama siswa. Kegiatan rutin OSIS tersebut dilaksanakan pada hari sabtu dan rabu, sekaligus ”Mengajarkan anak berjiwa entrepreneur,” tuturnya.Ibno Fajar selaku Pembina OSIS.
Para siswa dibagi menjadi kelompok tutor. Tiap kelompok terdiri atas 3 siswa. Tiap-tiap siswa membawa produk yang berbeda. Jumlah produk yang dibawa sebanyak 12 buah. Harga maksimal yang bisa ditawarkan adalah Rp 1.000 per buah. Para siswa yang barang dagangannya sudah habis bisa membantu siswa lain. Setelah berjualan, mereka melakukan penghitungan. Mulai modal, hasil penjualan, serta laba yang diperoleh. ”Penghitungannya dilaporkan kepada guru,” ujarnya. Sebagian laba diinfakkan untuk tujuan bakti sosial.
Ibno Fajar menyebutkan, peserta didik belajar banyak hal melalui business day. Jiwa entrepreneur mereka diasah. Demikian juga keberanian menjajakan produk hingga belajar survive untuk tidak menyerah. Kegiatan tersebut menjadi bagian pembelajaran terintegrasi. Yakni, belajar berkomunikasi, matematika, hingga memperoleh ilmu berinteraksi.


Foto : Menjajakan Kue yang dilakukan oleh OSIS kepada Siswa SMP AN NUR

Facebook Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *