Peserta Didik SMP AN NUR Di Untungkan Ujian Berbasis CBT

Foto : Suasana Try Out Pertama Berbasis CBT (Computer Based Test)

Cakrawala SMP AN NUR Bululawang menggelar tryout ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau kini disebut Computer Based Test (CBT). Ujian diikuti 890 peserta didik terdiri putra 478 dan putri 412. Materi ujian meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Hal itu dibenarkan kurikulum SMP AN NUR Bululawang Sarianto, Selasa (30/10). Kata dia, secara serentak ujian CBT akan berlangsung tanggal 30 Oktober hingga 02 November 2017.
“Sebagai persiapan, tryout pertama ini kami lakukan untuk kedepannya siswa mengetahui kemampuannya dalam menggunakan komputer dan mengetahui lebih awal dalam persiapan materi UNBK. Rencananya tryout juga akan digelar sembilan kali tryout,” kata dia.
Ia mengungkapkan, keuntungan menggunakan CBT lebih efisien dari segi material seperti kertas dan alat tulis, sedangkan untuk ujian berbasisi kertas siswa diribetkan dengan membawa alat tulis.
“Semua persyaratan sudah terpenuhi termasuk, jumlah komputer sepertiga dari jumlah siswa di tambah sepuluh persen,” terang dia.
Ia menyatakan, SMP AN NUR Bululawang sudah memenuhi persyaratan. Bahkan untuk mengantisipasi putusnya jaringan dan mati lampu sekolah sudah menyediakan genset maupun UPS, sedangkan untuk mengatisipasi putusnya jaringan internet juga sudah disiapkan Soft ware, sehingga jika komputer mati atau putus jaringan internet siswa bisa merestart komputer.
“Maka otomatis siswa bisa melanjutkan sampai nomor beberapa dan waktunya terhitung mundur, jadi siswa tidak dirugikan. Seratus persen SMP AN NUR Bululawang siap UNBK, segi persyaratan semua sudah memenuhinya,” ungkap dia.
Salah satu siswa SMP AN NUR Bululawang, Rafi Shihafudin mengaku, lebih suka melaksanakan ujian berbasisi komputer, lebih praktis dan efisien tidak harus mempersiapkan alat tulis seperti pensil dan penghapus.
“UNBK lebih praktis dah waktunya terkesan lama sehingga kita bisa mengerjakan soal yang di anggap lebih mudah,” kata dia.

Facebook Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *