SMP An Nur Mendorong Siswa Aktif dan Kreatif

HUMAS SMP AN NUR – Metode pembelajaran terus berkembang mengikuti arus zaman. Guru menjelaskan, siswa hanya mendengarkan salah satu metode pembelajaran yang mulai ditinggalkan.

Metode satu arah itu dinilai kurang efektif dan tak tepat lagi diterapkan pada anak zaman sekarang.

Hal Ini pula yang menjadi perhatian sebagian sekolah unggulan. Dalam proses belajarnya, mereka (sekolah) melibatkan secara aktif para siswanya agar berinteraksi dengan guru atau antar siswa.

Seperti yang diterapkan di SMP An Nur Bululawang Malang. Mereka lebih menerapkan metode pembelajaran yang lebih menitikberatkan pada aspek keaktifan siswa di dalam kelas.

“Kami lebih fokus atau menitikberatkan pada aspek siswa aktif,” kata Asror, Director kelas Idaman.

Metode pembelajaran yang digunakan dengan pendekatan learner centered atau berpusat pada peserta didik. Pendekatan tersebut dikemas dengan metode cintaxtal learning, cooperative learning, mastery learning, inquiry learning, project-based learning.

“Cara tersebut membuat siswa aktif melakukan observasi, eksperimen, diskusi, dan lainnya,” ungkapnya.

Agar proses pembelajaran berlangsung efektif, lanjutnya, di dalam kelas pun hanya terdiri dari 35 siswa. Sedangkan bahasa pengantar yang digunakan pun tak hanya bahasa Indonesia.

Sekolah ini menerapkan bahasa Inggris dan bahasa Arab di dalam kelas. “Kami menerapkan bahasa Inggris dengan English Communication Program (EPC). Bahasa ini jadi bahasa komunikasi ke dua di sekolah,” ujarnya.

Pembelajaran menggunakan lahan situs, lanjutnya, diaplikasikan dengan program IPEKA Ecoliteracy Studies (IES).

Pembelajaran lingkungan hidup melalui situs-situs pembelajaran di luar kelas di antaranya, situs konservasi energi, konservasi air, dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Program ini untuk mengembangkan minat belajar siswa dalam bidang sains dan sosial. Lebih banyak langsung ke praktik agar siswa menjadi lebih aktif,” katanya.(*)

Kota: Malang
Narasumber: ASROR
Jabatan: KESISWAAN

Facebook Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *