CONNECTION_ERROR Ini Cara Asyik SMP An Nur Mencetak Generasi Entrepreneur – SMP An-Nur Bululawang

Ini Cara Asyik SMP An Nur Mencetak Generasi Entrepreneur


Foto : OSIS SMP AN NUR melakukan kegiatan kewirausahaan

CAKRAWALA SMP AN NUR – Business day ! Momen yang satu ini ditunggu-tunggu seluruh warga SMP AN NUR Bululawang Malang Jawa Timur. Ibunu Fajar Pemina OSIS mengatakan kegiatan ini membangun jiwa entreprereurship siswa.

Pada business day ini OSIS bidang Ekonomi Bisnis yang berperan sebagai penjual. Beberaoa item dijiak dalam kegiatan yang berlangsung meriah ini. Seperti kue basah dan alat tulis.

Business day digelar dua kali dalam sepekan, yaitu pada hari Rabu dan hari Sabtu.
Para siswa dibagi menjadi kelompok tutor. Tiap kelompok terdiri atas 3 siswa. Tiap-tiap siswa membawa produk yang berbeda. Jumlah produk yang dibawa sebanyak 12 buah. Harga maksimal yang bisa ditawarkan adalah Rp 1.000 per buah.

Para siswa yang barang dagangannya sudah habis bisa membantu siswa lain. Setelah berjualan, mereka melakukan penghitungan. Mulai modal, hasil penjualan, serta laba yang diperoleh.

”Penghitungannya dilaporkan kepada guru,” ujarnya.

Uniknya sebagian laba selalu diinfakkan untuk bakti sosial.

Ibnu Fajar menyebutkan, peserta didik belajar banyak hal melalui business day. Jiwa entrepreneur mereka diasah. Demikian juga keberanian menjajakan produk hingga belajar survive untuk tidak menyerah. Kegiatan tersebut menjadi bagian pembelajaran terintegrasi. Yakni, belajar berkomunikasi, matematika, hingga memperoleh ilmu berinteraksi.

Pewarta : Moch Shofwan
Publisher : HUMAS SMP AN NUR

Facebook Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.